Monday, March 28, 2011

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Akhir-akhir  ini banyak orang yang membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Begitupun dalam hal penyiapan makanan dan hidangan sehari hari baik di lingkungan rumah tangga maupun perusahaan skala kecil dan menengah. Dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga, mereka akan lebih memilih untuk memesan makanan dari luar daripada harus membuatnya sendiri walaupun harga akan sedikit lebih mahal.

Dari pemikiran dan peluang yang ada, maka Oie Catering mempunyai ide untuk membuat bisnis catering yang pada awalnya ditujukan untuk rumah tangga, event-event tertentu dan perusahaan skala kecil menengah.

Kami memahami, bahwa bisnis katering adalah bisnis kepercayaan dan “rasa”. Untuk membuka pasar kami mulai dari acara-acara hajatan keluarga sendiri yang dikelola sendiri kateringnya dan di setiap meja penyajian kami tempelkan nama katering sebagai tanda pengenal dan promosi. Begitu juga dalam setiap acara arisan keluarga/RT, perkumpulan atau pengajian-pengajian rutin disekitar tempat tinggal. Dari sinilah kepercayaan kepada kami muncul dan tersebar dari mulut ke mulut, dan ini terkadang lebih efektif dibandingkan kita menyebar brosur dan beriklan tanpa pernah kita menunjukkan kemampuan kita di sebuah acara.

Dengan menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas, kami persiapkan mental dan keberanian. Kami mulai dengan menyingkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Dengan  pemahaman resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi, yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba walaupun gagal daripada gagal untuk mencoba.

Sebagai langkah awal,  Oie Catering dimiliki bersama dengan sistem bagi modal bersama 3 partners. Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, Ada orang yang bertugas membuat masakan dan penyajiannya, dan orang yang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja apabila diperlukan tambahan.

Target Pasar
Target Pasar adalah merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha katering bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila pesanan telah diterima. Maka, tanpa pesanan, kegiatan produksi perusahaan katering tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi. Target pasar kami adalah rumah tangga, perusahaan kecil menengah dan seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga.

Pemasaran
Strategi pemasaran yang harus menyesuaikan tempat dan harga. Dalam menentukan harga, kami telah mensurvei beberapa sample dari pesaing, baik soal rasa, kuantitas dan kualitas masakan. Diawali dengan menentukan sejumlah menu terpopuler dan kegemaran masyarakat, kita akan melakukan inovasi dengan menciptakan hal-hal yang baru dengan menu populer itu.

Tidak jarang harga beberapa catering terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Untuk itu kami siasati misalnya dengan mencari supplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar murah namun berkualitas dan higienis, sehingga bisa menghasilkan katering murah.

Cita rasa yang kami miliki adalah citarasa yang khas namun tetap mengikuti standart hygienis, baik waktu produksi maupun penyajian.

Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih jelas tentang produk kami dan pemesanan langsung, silahkan hubungi kami.

No comments:

Post a Comment