Wednesday, March 30, 2011

Bisnis catering dimulai dari catering antar rumah..

Mungkin banyak yang berpikir jika jasa katering hanya bisa dilakukan jika anda mempunyai sebuah tempat dan modal yang besar serta sarana prasarana yang lengkap terutama untuk usaha katering di Jakarta yang merupakan kota metropolitan maka hal tersebut adalah salah. Bisnis katering ini bisa dilakukan dalam ruang lingkup sederhana, jangan pikirkan jika anda harus mendapatkan event, atau acara yang bisa membuat anda meraih keuntungan yang besar. Terkadang laba yang paling besar pun bisa anda dapatkan dari sesuatu yang sederhana.

Jika anda berpikir jika membuka sebuah jasa katering haruslah memiliki sebuah kantor atau sebuah ruko, maka hal tersebut juga salah. Terkadang bisnis ini juga bisa dilakukan di rumah sendiri.

Dalam memulai sebuah bisnis katering rumahan, bisa di bilang cikal bakal untuk ke langkah selanjutnya. Tidak diperlukan jumlah modal yang besar terlebih dahulu, dan skalanya pun tidaklah besar. Biasanya jasa katering rumahan hanya untuk kurang lebih 10 rumah. Dan biasanya bukan hanya rumah saja sebagai prospeknya bisa juga kantoran atau semacamnya.

Untuk katering rumahan ini haruslah memperhitungkan dalam setiap saat biaya yang mungkin akan ditimbulkan, seperti bahan makanan pokok, biaya bahan bakar, biaya tenaga kerja, biaya penyusutan peralatan, dan biaya yang tidak terduga. Terutama biaya yang tidak terduga karena harga dari bahan pokok selalu bersifat fluktuatif jadi tidak bisa di perkirakan.

Variasi menu makanan juga merupakan faktor terpenting dalam mengelola jasa katering rumahan ini, apakah merupakan jenis katering sehat untuk program diet atau bukan. Semakin banyak variasinya, maka bisa membuat penikmatnya tidak akan pernah bosan dalam hal menikmatinya. Selain itu juga kesabaran sangat dibutuhkan dalam usaha ini, selain dari pekerjaannya terkadang ada juga konsumen yang meminta sesuatu dalam makanan pesanannya. Entah dari cara mengolahnya ataupun yang lainnya. Karena apapun bentuk masakannya semuanya tergantung dari selera yang menikmatinya, terkadang hal ini bisa jadi semacam masukkan bagi para pengusaha katering. Usaha katering rumahan bisa juga dikatakan sebagai dasar dari pengusaha katering untuk dapat naik ke tahap berikutnya.

Sebuah katering rumahan bisa dibilang sebagai langkah pembelajaran bagi mereka yang ingin mencoba peruntungannya di jasa katering ini. Karena dalam katering rumahan inilah segala hal mengenai jasa katering dapat dipelajari, apa yang di butuhkan dan apa yang harus ditingkatkan. Sebuah langkah menuju sesuatu yang lebih besar.

No comments:

Post a Comment