Sunday, April 10, 2011

Menu Nasi Bogana penggugah selera..

Di Jakarta tidak sulit mencari makanan tradisional baik di restaurant berpendingin AC sampai warung pinggiran. Dari banyaknya menu tradisional yang ada, banyak diantara kita yang masih asing dengan Nasi Bogana atau Begana.

Nasi Bogana adalah menu nasi lengkap dengan lauk bergaya khas asli Tegal, Jawa Tengah. Biasanya Nasi Bogana dibungkus dengan daun pisang dan dihidangkan bersama beberapa jenis lauk. Menu ini sebenarnya sangat populer di Indonesia dan bisa dijumpai hampir di warung-warung pinggir jalan dan berbagai restoran ternama. Nasi Bogana sangat digemari karena dapat dimakan dengan nyaman selagi dibungkus dalam bungkusan daun pisang dan siap dibawa atau dimakan kapan pun.

Menu ini menjadi menu favorit di Oie Catering, meskipun agak susah dalam penyiapan bahan, tapi dengan penyajian yang rapi dan bersih, akan sangat praktis untuk bekal ke sekolah atau tempat bekerja. Juga sangat praktis dihidangkan pada acara selamatan, tasyakuran ataupun arisan.

Dengan harga mulai Rp 15.000, nasi bogana disiapkan dengan menggelar daun pisang yang kemudian diisi nasi gurih panas, ditaburi dengan potongan opor ayam, dendeng kentang, hati sapi, sambal pedas, telor pindang, soun cabe ijo dan oseng kacang panjang. Yang terakhir serundeng dan tempe kering. Semuanya dibungkus dan ditutup dalam daun pisang.

Menu ini bisa disajikan saat pesta pernikahan, ulang tahun, tapi yang paling umum selalu menjadi hidangan saat kumpul keluarga dan kumpul sosial. Pada pesta  pernikahan, nasi bogana biasa disajikan secara terpisah sehingga para tamu yang menikmati dapat memilik lauk favoritnya masing-masing. Banyak orang makan nasi bogana dengan emping atau krupuk dan sambal terasi. Dengan ditemani teh manis hangat serasa lebih nikmat.

RESEP NASI BOGANA

Bahan:

1 ekor ayam, potong 4 bagian
1,5 liter santan kental dari 2 butir kelapa
1,5 liter santan encer dari 2 butir kelapa
5 lembar daun salam
3 batang serai, memarkan
3 ruas jari lengkuas, memarkan
500 gram beras, cuci bersih
Garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu halus:

4 siung bawang putih
6 buah bawang merah
2 ruas jari kunyit
1 sendok teh ketumbar bubuk
½ sendok teh lada bubuk

Pelengkap:

1. Kering tempe
2. Sambal goreng ati
3. Dendeng, iris-iris
4. Oseng kacang panjang
5. Telur rebus

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus, hingga harum. Masukkan ayam, beri santan encer, salam, serai, lengkuas, garam, dan gula
2. Masak hingga ayam matang. Masukkan santan kental. Masak terus hingga airnya mengental
3. Ayam diangkat dan disuir, sedangkan kuahnya diggunakan untuk membuat nasi
4. Masak beras dengan 750 ml kuah ayam hingga kuah meresap. Kukus hingga matang
5. Sajikan nasi bogana dengan ayam suir dan pelengkap.

Hasil 6 porsi

No comments:

Post a Comment

Post a Comment